Penerima Penghargaan Nobel Termuda

Penerima Penghargaan Nobel Termuda

Tahukah Anda mengenai sebuah penghargaan yang sangat terkenal di dunia? Penghargaan ini ditujukan salah satunya adalah kepada orang-orang yang memiliki andil besar terhadap perdamaian ataupun kemanusiaan di dunia ini. Penghargaan tersebut adalah Penghargaan Nobel. Penghargaan Nobel atau biasa dikenal juga dengan sebutan Nobel Awards merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang memiliki jasa yang sangat baik untuk dunia. Jasa-jasa tersebut terbagi-bagi dalam beberapa bidang.

Nobel Awards merupakan penghargaan tertinggi di dunia yang diberikan kepada mereka yang telah melakukan penelitian-penelitian luar biasa, menemukan suatu teknik, teori, maupun peralatan yang baru dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat, hingga penghargaan kepada seseorang yang memiliki jasa atau memiliki kontribusi nyata ke masyarakat luas.

Hal yang paling utama yang melatar belakangi pemberian Penghargaan Nobel ini sebenarnya adalah adanya surat wasiat yang ditulis oleh seorang industrialis yang berasal dari Swedia untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang telah memiliki jasa kepada dunia. Orang tersebut bernama Alfred Nobel. Alfred Nobel membubuhkan tanda tangan diatas surat wasiat tersebut pada tanggal 27 November 1895 di Swedish Norwegian Club di Paris.

Selain merupakan seorang industrialis Swedia, Alfred Nobel juga merupakan seseorang yang menemukan dan menciptakan dinamit. Ia begitu terkejut ketika mengetahui bahwa dinamit penemuannya digunakan untuk hal-hal yang tidak baik atau dalam kata lain adalah disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Inilah yang menyebabkan ia ingin memberikan sebuah penghargaan kepada orang-orang yang memiliki jasa dan andil yang besar untuk masyarakat maupun dunia.

Sejak pemberian Nobel pertama yang di selenggarakan di tahun 1901 sejak saat itu acara ini menjadi acara rutin yang diselenggarakan setiap tanggal 10 Desember tiap tahunnya

Pemberian Penghargaan Nobel pertama kali diselenggarakan pada tahun 1901. Sejak saat itu, acara ini merupakan sebuah acara rutin yang diselenggarakan setiap tanggal 10 Desember tiap tahunnya. Alasan penyelenggaraan pada tanggal 10 Desember adalah karena pada tanggal 10 Desember tersebut merupakan tanggal dimana Alfred Nobel menghembuskan nafas terakhirnya. Pemberian penghargaan Nobel pertama kali berlangsung di Old Royal Academy of Music di Stockholm. Pemberian tersebut diberikan secara langsung dan resmi oleh Raja Swedia. Bidang-bidang yang masuk kedalam kategori penerima penghargaan Nobel adalah bidang Fisika, Kimia, Fisiologi atau Kedokteran, Sastra, dan Perdamaian.

Pemberian penghargaan Nobel ini tidak memandang usia, jenis kelamin, maupun dari negara mana ia berasal. Penerima penghargaan nobel ini benar-benar murni adalah orang-orang yang memiliki jasa besar untuk dunia. Sebagai contohnya, pada tahun 2014 lalu, ada seorang anak perempuan yang masih belia namun ia mendapatkan penghargaan nobel sebagai salah satu dari 100 Orang yang Berpengaruh di Dunia. Anak perempuan tersebut adalah Malala Yousafzai yang berasal dari Pakistan. Malala merupakan seorang aktivis dari Pakistan yang kerap membela pendidikan dan perempuan di Pakistan.

Terlebih lagi setelah kasus Taliban yang menyerang Pakistan. Pada saat menerima penghargaan Nobel tersebut, usia Malala baru menginjak 17 tahun. Ini menjadikan ia sebagai salah satu penerima nobel paling muda sepanjang sejarah. Selain menerima penghargaan Nobel, Malala juga menjadi Duta Perdamaian PBB termuda pada tahun 2017 lalu. Ia dinobatkan sebagai Duta Perdamaian PBB termuda pada bulan April tahun 2017. Saat ini, Malala sedang menempuh pendidikan di salah satu Universitas terbaik di dunia, yakni Universitas Oxford. Jurusan yang ia ambil di Oxford adala Filsafat, Politik, dan Ekonomi yang merupakan salah satu jurusan terfavorit di Oxford. Banyak petinggi-petinggi negara yang menempuh jalur pendidikan ini, termasuk Benazir Bhutto.

1 thought on “Penerima Penghargaan Nobel Termuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *