Panasonic Gobel Awards

Panasonic Gobel Awards

Di Indonesia, terdapat beberapa acara yang khusus untuk memberikan apresiasi ataupun penghargaan-penghargaan terhadap orang-orang maupun pihak-pihak yang telah memberikan suatu hal yang bermanfaat di Indonesia. Contohnya seperti penghargaan yang ditujukan oleh orang-orang yang berjasa dalam perfilman Indonesia akan diberikan penghargaan pada Festival Film Indonesia. Lalu, ada juga Penghargaan Anugerah Musik Indonesia atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan AMI Awards.

AMI Awards ini ditujukan untuk pihak-pihak yang berjasa dalam menaikkan industri musik di Indonesia. Selain Festival Film Indonesia dan AMI Awards, ada juga sebuah ajang pemberian penghargaan dan apresiasi kepada orang-orang ataupun program televisi terbaik di Indonesia. Penghargaan ini lebih dikenal dengan sebutan Panasonic Gobel Awards. Sebelum memiliki sebutan Panasonic Gobel Awards, acara ini lebih dikenal dengan sebutan Panasonic Awards saja.

Panasonic Gobel Awards pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997, tepatnya pada tanggal 1 Juni 1997. Pada penyelenggaraan pertama yakni pada tahun 1997, Panasonic Gobel Awards hanya disiarkan oleh satu media saja. Media tersebut adalah Indosiar. Namun selanjutnya, pada tahun 2000, Panasonic Gobel Awards mulai berpindah penyiar, yakni dari Indosiar menjadi stasiun RCTI. Lalu, pada tahun 2003, Panasonic Gobel Awards mulai ditayangkan secara serentak dan bersamaan oleh beberapa media. Media-media tersebut adalah RCTI, MNC TV, MNC Channels, dan disiarkan ulang oleh Global TV.

Panasonic Gobel Awards merupakan bentuk kerja sama dari PT Panasonic Gobel Indonesia dengan Tabloid Citra

Pada awal mulanya, Panasonic Gobel Awards ini merupakan hasil dari bentuk kerja sama antara PT Panasonic Gobel Indonesia dengan Tabloid Citra. Tabloid Citra merupakan sebuah tabloid yang diterbitkan oleh Kompas Gramedia Group. Cara pemilihan pemenang atau penentuan pihak-pihak yang akan mendapatkan penghargaan adalah dengan mengumpulkan dukungan atau suara sebanyak-banyaknya dari masyarakat di Indonesia.

Dahulu, metode penentuan pemenangnya adalah melalui “Jejak Pendapat Citra” yang disebarluaskan dan dipublikasikan oleh seluruh media massa di Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia akan mengisi Jejak Pendapat Citra tersebut lalu mengirimkannya kembali melalui pos. Orang maupun program televisi yang dipilih masyarakat tersebut nantinya akan menjadi nominasi yang akan masuk ketahap selanjutnya.

Jika telah ditentukan nominasi-nominasinya oleh seluruh masyarakat di Indonesia, seluruh nominasi tersebut akan masuk ke dalam meja juri yang nantinya akan dinilai lagi. Juri-juri tersebut merupakan orang-orang yang telah ahli dalam bidangnya. Misalnya saja aktor dan aktris senior, budayawan, akademisi, praktisi pertelevisian, wartawan senior, dan yang lainnya.

Jika pada awal-awal penyelenggaraan Panasonic Gobel Awards ini menggunakan Jejak Pendapat Citra untuk menentukan nominasinya, pada tahun-tahun berikutnya metode yang digunakan sudah berbeda lagi. Sejak tahun 2004, metode pemilihan yang digunakan adalah survei Nielsen Media Research dan hasilnya akan ditabulasikan oleh Ernst dan Young. Tujuan hasil yang ditabulasi adalah agar tidak adanya kecurangan-kecurangan yang mewarnai pemilihan pemenang pada Panasonic Gobel Awards ini.

Karena surveinya yang melibatkan seluruh masyarakat Indonesia, tentu saja Panasonic Gobel Awards ini menjadi salah satu acara yang dikenal baik dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata, walaupun telah memiliki nilai atau citra yang baik dimata sebagian besar masyarakat Indonesia, Panasonic Gobel Awards ternyata juga pernah mengalami masa-masa kelam. Yakni adalah pemboikotan yang dilakukan oleh salah satu media televisi karena dianggap tidak adil dalam pembagian porsi penayangan. Panasonic Gobel Awards dianggap lebih memihak kepada salah satu stasiun televisi. Pemboikotan oleh salah satu stasiun televisi ini terjadi pada Panasonic Gobel Awards tahun 2011.

1 thought on “Panasonic Gobel Awards

  1. panasonic awards globe kalo di lihat – lihat acaranya begitu aja bikin yang lebih spektakuler lah seperti di acara korea gitu sama acara grammy keren banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *