Indonesian Choice Awards

Indonesian Choice Awards

Adakah yang mengetahui tentang ICA? ICA merupakan singkatan dari Indonesian Choice Awards. Acara tersebut memberikan penghargaan kepada seniman terbaik yang ada di Indonesia. ICA diadakan oleh salah satu stasiun TV yang ada di Indonesia. Yaitu Net TV. Stasiun Net TV menyelenggarakan acara tersebut dalam rangka memperingati sekaligus merayakan hari ulang tahunnya. ICA pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014. Berbeda dengan beberapa acara pemberian penghargaan yang menggunakan sosial media sebagai penilaian dan pertimbangan untuk menentukan siapa yang akan menerima penghargaan tersebut.

Penilaian ICA ini hampir sama dengan Panasonic Gobel Awards, Festival Film Indonesia, dan lain sebagainya. Jika anda ingin mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai Indonesian Choice Awards, bisa langsung mengunjungi situs resminya. Akan terdapat banyak informasi yang mungkin anda butuhkan. Sebenarnya, dengan adanya acara ini para musisi bisa mendapatkan pengaruh yang baik. Pengaruh yang pertama adalah termotivasi untuk terus mengembangkan karyanya dan berusaha menciptakan karya yang terbaik. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang jika mendapatkan penghargaan.

Kali ini, akan membahas tentang bagaimana cara penilaian yang dilakukan Indonesian Choice Awards untuk menentukan siapakah yang pantas untuk masuk ke dalam nominasi yang akan mendapatkan penghargaan tersebut. Penilaian dilakukan oleh sebuah komite yang bernama MUSISI. MUSISI adalah singkatan dari Masyarakat Untuk Musik Indonesia. Beberapa orang yang tergabung di dalamnya yaitu Oppie Andaresta, Denny MR (Penulis Musik Senior),  Gilang AR (Ketua Asosiasi MD Indonesia),  Frans Sartono (Kompas), Adib Hidayat (Rollingstone), Jan Dhuhana (produser senior), Danni Satrio (Hai), Piyu, dan Qaris Tajudin (Tempo).

Penerima penghargaan dari Indonesian Choice Awards

Anggota MUSISI tersebut adalah orang-orang pilihan dan memiliki bakat sehingga dipercaya untuk melakukan penilaian. Dengan adanya tim penilaian yang professional, sudah dipastikan bahwa penerima penghargaan memang orang yang benar-benar berbakat dan pantas. Setelah MUSISI selesai menentukan nominasinya, selanjutnya akan dipilih langsung oleh masyarakat. Sehingga, paea masyarakat memiliki kebebasan berdasarkan kesukaannya.

Dengan ini, juga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk seniman di Indonesia sesukses apapun dia harus menghargai masyarakat yang ada di sekitarnya. Karena tanpa mereka dia bukanlah apa-apa. Etika menjadi seniman yang baik juga harus dijaga agar mendapat respon yang baik dari masyarakat.

Di Indonesian Choice Awards juga memiliki kategori TV Program Of The Year. Nominator yang masuk ke dalam kategori tersebut dinilai berdasarkan kualitasnya. Untuk menentukan siapa yang mendapatkan penghargaan akan tetap dipilih oleh masyarakat melalui voting. Dengan adanya kategori ini diharapkan progam TV yang ditayangkan akan semakin baik dan berkualitas setiap tahunnya.

Terdapat 4 kategori yang ada di Indonesian Choice Awards meliputi film, musik, televisi, dan kategori yang lainnya. Di dalam kategori film beberapa jenis penghargaannya adalah Movie of the year, Actress of the year, dan Actor of the year. Kemudian, jenis penghargaan yang masuk ke dalam kategori film yaitu Music Video of the Year,  Instrumental Album of The Year, Album of the Year, Song of the Year, Group/Band/Duo of the Year, Breakthrough Artist of the Year, Female Singer of the Year, dan Male Singer of the Year.

Lalu untuk jenis penghargaan berdasarkan kategori televisi yaitu TV Program of the Year. Ada pula beberapa penghargaan kategori lainnya yang bisa diperoleh meliputi Lifetime Achievement Award, Digital Persona of the Year, dan Creative and Innovative Person of the Year.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *