Anugerah Musik Indonesia, Sebuah Penghargaan Untuk Industri Musik Indonesia

Anugerah Musik Indonesia, Sebuah Penghargaan Untuk Industri Musik Indonesia

Jika di Amerika Serikat ada sebuah ajang pemberian penghargaan untuk mengargai dunia musik, di Indonesia juga memiliki ajang pemberian penghargaan untuk dunia musik tersebut. Jika di Amerika Serikat namanya adalah Grammy Awards, di Indonesia namanya adalah AMI Awards. AMI Awards merupakan kependekan dari penghargaan Anugerah Musik Indonesia. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan apresiasi terhadap orang-orang yang telah berjasa dalam memajukan industri musik di Indonesia.

Selain untuk menghargai dan memberikan apresiasi kepada orang yang telah melahirkan sebuah karya musik yang mengagumkan, AMI Awards juga memiliki tujuan lainnya, yakni adalah untuk memotivasi seluruh warga negara Indonesia untuk berkarya dibidang musik. Acara AMI Awards ini dipandu oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) dan didukung oleh Asosiasi Industri Rekaman (ASIRI), Karya Cipta Indonesia (KCI), dan Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

AMI Awards pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997 tepatnya pada tanggal 29 November tahun 1997. Selanjutnya, AMI Awards menjadi sebuah acara tahunan yang rutin digelar sekali dalam setahun setiap tahunnya. Tempat yang pertama kali digunakan untuk menyelenggarakan AMI Awards adalah Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Pada AMI Awards yang pertama kali ini, belum ada tema khusus yang diangkat untuk acara ini. Selain itu, AMI Awards hanya ditayangkan oleh satu media saja. Media tersebut adalah Indosiar. Pada tahun-tahun berikutnya, AMI Awards terus berbenah diri. Lalu, pada ajang yang ke-7, yakni pada tahun 2003, barulah AMI Awards memiliki sebuah tema untuk acara tersebut. Temanya adalah Harmoni. Selanjutnya, AMI Awards mulai disiarkan oleh berbagai media sejak AMI Awards yang ke-6. Pada AMI Awards yang ke-6 itu, media yang menyiarkan adalah Indosiar, RCTI, SCTV, ANTV, LATIVI, dan TV7.

Sebelum AMI Awards ternyata ada ajang acara anugerah musik indonesia BASF Awards

Sebenarnya, sebelum AMI Awards diselenggarakan pada tahun 1997, di Indonesia telah ada sebuah penghargaan yang bertujuan untuk mengapresiasi karya musik Indonesia. Namun sayangnya, ajang tersebut sering hilang timbul, sering vakum, dan bukan merupakan sebuah ajang tahunan. Acara tersebut bernama BASF Awards yang diselenggarakan pada tahun 1985 dan HDX yang diselenggarakan pada tahun 1992. Lalu, pada tahun 1997, industri musik Indonesia berbenah diri dan menyelenggarakan AMI Awards untuk yang pertama kalinya hingga saat ini.

Setiap selesai terselenggarakannya AMI Awards pada tahun tersebut, tentu saja selalu ada pelajaran yang dapat diambil. Begitu juga dengan AMI Awards. Oleh karena itu, AMI Awards terus berbenah diri untuk memberikan yang terbaik. Salah satu contohnya adalah seringnya beberapa kategori yang dihilangkan dan ditambahkan sesuai dengan perkembangan zaman dan warna musik Indonesia. Ada hal yang unik juga pada sejarah Anugerah Musik Indonesia ini.

Yakni pada tahun 2007, AMI Awards tidak mengadakan acara apapun seperti biasanya. Namun, pada tahun 2007 ini, vakumnya AMI Awards digantikan dengan AMI Dangdut Awards. Ya, pada tahun 2007 ini Anugerah Musik Indonesia mengadakan sebuah acara yang berbeda dari biasanya. Acara tersebut adalah penganugerahan penghargaan-penghargaan kepada musik Dangdut di Indonesia.

Hal ini dikarenakan genre musik yang satu ini merupakan genre musik yang berasal dari Indonesia asli. Namun sayangnya, AMI Dangdut Awards ini tidak diselenggarakan lagi untuk tahun-tahun berikutnya. Untuk tahun-tahun berikutnya, kembali menjadi AMI Awards saja. Banyak penyanyi-penyanyi Indonesia yang telah mendapatkan AMI Awards ini. Antara lain adalah Anggun C Sasmi dan Agnes Monica.

1 thought on “Anugerah Musik Indonesia, Sebuah Penghargaan Untuk Industri Musik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *