Academy Awards

Academy Awards

Pernahkah melihat acara Academy Awards? Beberapa orang di Indonesia mungkin cukup asing dengan acara tersebut. Namun, bagi para pecinta film pasti mengetahuinya. Academy Awards biasanya lebih dikenal masyarakat dengan sebutan piala Oscar. Lalu, apa tujuan diadakannya acara Academy Awards tersebut? Untuk menghargai berbagai karya film Amerika. Karena membuat film bukanlah hal yang mudah.

Banyak persiapan matang yang harus dilakukan. Bahkan, dalam proses pembuatan alur ceritanya juga membutuhkan fikiran yang jernih. Apalagi di zaman sekarang ini, sudah semakin banyak produser yang berlomba-lomba menciptakan karya yang terbaik. Sayangnya, alur dan cerita yang bagus saja tidak menjamin hail yang maksimal. Mulai dari pembuatan video, kostum, rias, dan lain sebagainya juga perlu untuk diperhatikan. Sehingga, dengan adanya acara Academy Awards atau piala Oscar bisa menambah semangat para pembuat film untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selain itu, antara produser satu dengan yang lain juga bisa semakin akrab. Bahkan, ada kemungkinan melakukan kerjasama antar produser. Academy Awards pertama kali dilakukan pada tahun 1929. Bahkan, pertama kali hal ini diselenggarakan di Hotel Hollywood Roosevelt.  Penyelenggaraannya diawasi langsung oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences atau AMPAS. Dengan adanya pengawas dalam acara tersebut tidak akan terjadi salah faham dan dugaan adanya kecurangan. Karena dalam hal ini melibatkan banyak orang.

Academy Awards juga memiliki web resminya untuk anda yang ingin mendapatkan beberapa informasi terhadap Academy Awards

Untuk mendapatkan beberapa informasi penting tentang Academy Awards bisa langsung mengunjungi web resminya. Karena informasi yang akurat dan benar akan ditulis di situs web resmi tersebut. Meskipun Academy Awards pertama kali diadakan pada tahun 1928, namun ditayangkan televisi dan bia dilihat dengan mudah leh masyarakat sekitar pada tahun 1953. Untuk saat ini, acara tersebut sudah disiarkan oleh 200 negara.

Untuk orang yang hidup di zaman dulu dan sekarang pun pasti banyak yang mengenal piala Oscar. Mengapa demikian? Karena acara ini bisa terbilang paling tua. Beberapa acara pemberian penghargaan lain yang juga keberadaannya sudah cukup lama adalah Emmy Award, Tony Award, dan Grammy Award. Namun, ada perbedaan diantara beberapa acara tersebut.

Jika Emmy Award memberikan penghargaaan untuk acara televis, Tony Award memberikan penghargaan untuk teater, dan Grammy Award memberikan penghargaan untuk industri musik. Meskipun berbeda daam hal itu, tetapi tujuannya sama yaitu menghargai karya dan sebagai salah satu penyemangat untuk terus berkarya.

Pada tanggal 2 Maret 2014 juga diadakan Academy Awards yang ke-86. Acara tersebut berlangsung di Los Angeles. Tepatnya di gedung Dolby Theatre. Alasan mengapa pada saat itu pelaksanaannya dilakukan di Los Angeles agar tidak terjadi bentrok dengan salah satu acara yang dilakukan di Sochi, Rusia. Acara tersbebut adalah Olimpiade Musim Dingin. Memamg terkadang lebih baik menghindari terjadinya suatu masalah dibandingkan harus memperbaiki masaah.

Sebaik apapun memperbaiki tentu tidak akan kembali seperti semula. Biasanya, Academy Awards dilakukan beberapa bulan setelah berganti tahun.  Agar bisa menghargai beberapa karya yang ada di tahun sebelumnya. Sejak awal diselenggarakannya Academy Award hingga tahun 2015, tercatat sudah memberikan sekitar 2.947 piala Oscar. Piala yang diberikan berbentuk sebuah patung Oscar.  Deretan film yang pernah mendapatan piala penghargaan Oscar antara lain Wings, The Broadway Melody, All Quiet on the Western Front, Cimarron, Grand Hotel, Cavalcade, It Happened One Night, Mutinity on the Bounty, dan masih banyak yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *